Minggu, 13 Mei 2012

Setting Oli

Cara Setting Oli
Ada dua cara mengatur setting oli samping. Cara pertama dengan mengatur putaran mur dalam pompa oli samping. Cara ini ribet, harus bongkar pasang casing pompa oli samping. Cara lebih gampang adalah dengan mengatur mur kabel seperti berikut :
Untuk settingan irit, takikan berada pada bagian bawah. Putar mur kabel kekiri untuk menurunkan takikan.
http://mulyantogoblog.files.wordpress.com/2011/01/setingan-oli-samping-irit.jpg?w=500&h=374
Setingan irit
Untuk settingan boros, takikan berada pada bagian atas. Putar mur kabel kekanan untuk menaikan takikan.http://mulyantogoblog.files.wordpress.com/2011/01/setingan-oli-samping-boros.jpg?w=500&h=374
Setingan boros
Gampang kan, yang rada susah adalah melakukan pengukuran. Contohnya : idealnya 800 ml oli samping seharusnya habis untuk sebulan. Ternyata baru dua minggu sudah habis, berarti boros. Enaknya sih oli samping pakai botol kecil, misal diisi 100 cc oli samping terus diukur berapa liter bensin untuk menghabiskan 100 cc oli samping. Normalnya 100 cc oli samping untuk 5 liter bensin.
td saya coba ide untuk mengarahkan arah saluran masuk saringan udara itu kedepan, tp waktu dirpm tinggi tiba2 mesin mati(mati, trus mesin didalm itu seperti tersedot gt) itu kira2 knp ya? apa karna ada kotoran yang masuk dan tidak terfilter (busa di saringan hawa msh bgs mas)?
setelah mati itu bisa langsung dihidupkan mas.. tp g berani ngebut lg, takutnya lg ngebut trus tiba2 mati lg, bisa bahaya ntar klo ada mobil kencang dibelakang..
itu piston macet. busa di saringan hawa itu apa yah? piston macet bisa karena :
- kurang oli samping
- bensin terlalu irit
- overheat
anjuran di manualnya sih, busa filter dibasahi oli samping terus diperas. Busa filter fizr orisinil cuma 15 rb. Kalau macet langsung kopling, minggir dengan hati2. Dinginkan mesin dulu.
saya bingung motor saya force 1 lansiran 1994 sering luar kota jarak tempuh rata-rata 70 km, memang blok sudah di korek, saya kurang jelas jg ukurannya, masalahnya di kecepatan tinggi mesin/ piston macet padahal oli samping sudah cukup boros, seting karbu pakai main & pilot standar. akselerasi ok, tapi piston macet itu yang bikin tidak PD waktu plintir gas dalam-dalam,
korek blok tidak bikin macet. Mungkin karena :
1. Overheat karena setingan bensin terlalu irit, kalau lebih dari 1 : 35 terlalu irit tuh.
kalau mau ngebut tapi nggak boros banget, pakai PJ 17.5 dan MJ 155.
2. Overheat karena dipapas head blok-nya. Silahkan ukur volume ruang bakar-nya :
 3. Ring seher rusak. Copot blok, periksa ring seher dan sehernya.
4. Setang seher oblag menyebabkan seher goyang. gejalanya mesin bergetar hebat. Copot blok, periksa setang sehernya.
From : Google
By : Mulyanto

5 komentar:

  1. Gan q pnya fiz r knp ko tenagay kosong apa lg di gigi 3-4 gk ad tenaga tp klw dr gigi 1-2 ngeden dulu ampe suara jrit baru kenceng tu jagoan trus asapy juga klw baru diidupin banyak banget biar sambil jalan banyak mohon pencerahany

    BalasHapus
  2. Lur motor saya d rpm bawah knp ngok y.
    Padahal PJ nya udah saya rombak. N head saya pakai punya Alfa. N tenaga bawah kurang sereg
    Mohon pencerahannya

    BalasHapus
  3. Saya punya motor fiz r, pas dilepas full koplingnya kayak pincang tersendak gitu, kalau tarik setengah koplingnya normal, kira2 apa y mohon solusinya

    BalasHapus